Halo pembaca Melek Internet. Kali ini tips yang mau dishare disini bukan tentang internet, seo friendly dan yang lainnya.Tapi tentang tips kecil untuk ibu menyusui. Doh, jauh yak sama bahasan yang lain.  Gapapa ya, namanya juga pengen nulis:p

Seperti yang kita ketahui, sekarang keinginan untuk menyusui eksklusif sudah sangat meluas. Satu trend yang harus didukung oleh semua pihak. Kenapa? Karena menyusui dan ASI punya banyak manfaat baik untuk Ibu, anak maupun keluarga yang lain. Tapi, beberapa faktor kadang menjadi kendala untuk Ibu menyusui. Faktor apakah itu? Antara lain mitos yang tersebar di masyarakat, kurangnya dukungan dari orang sekitar atau bahkan dari tenaga kesehatan. Nah, salah satu mitos sederhana yang kadang bikin ibu menyusui bingung, galau dan baper adalah makanan si Ibu saat dalam masa menyusui bayi.

Katanya nih, kalo lagi menyusui bolehnya makan sayur yang banyaak. Kalo perlu daun katuk di pasar diborong semua buat persediaan seminggu. Ada juga yang menyarankan minum jus pare tanpa pemanis biar asi nya lancar. Atau ada lagi, busui dilarang keras konsumsi makanan pedas karena bakal bikin asi terasa pedas. Ribet ya ceu?;p Kita kulik dulu yuk, sebenarnya buat ibu menyusui makanan apa sih yang  perlu dihindari selama masa menyusui (terutama saat menyusui eksklusif 0-6 bulan)

  1. Ikan/ Makanan KalenganSebenarnya secara umum, makanan instan tidak di anjurkan untuk ibu menyusui. Tetapi ikan/ makanan kalengan dapat terindikasi mengandung lebih banyak zat berbahaya seperti merkuri,dsb. Zat tersebut dapat menembus barier asi dan masuk ke dalam tubuh bayi menjadi toksin/racun. Ketika ibu menyusui akan mengkonsumsi ikan, usahakan gunakan ikan segar tangkapan lokal sehingga nutrisi lebih terjaga, serta kemungkinan tercemar zat berbahaya lebih minimal
  2. Teh, kopi dan alkoholTeh dan kopi sama sama mengandung cafein meskipun dengan jumlah yang berbeda. Cafein dapat masuk ke dalam ASI dan menyebabkan bayi menjadi gelisah dengan jam tidur yang tidak teratur. Bila ibu ingin minum teh, bisa gunakan teh herbal seperti teh cammomile. Kalaupun konsumsi tidak dapat dihindari, maka batasi 2-3 gelas saja per-hari nya. Untuk alkohol , alkohol dapat menghalangi pertumbuhan bayi dan sangat menganggu pola tidur si bayi. Ketika ibu ingin mengkonsumsi alkohol, perah asi sebelumnya. Beri jeda waktu hingga 2 jam sebelum menyusui langsung si bayi. Batasi diri anda, konsumsi hanya 1 gelas bir/wine supaya efek yang ditimbulkan tidak membahayakan bayi
  3. Makanan tinggi kandungan citrusMakanan yang tinggi kandungan citrus seperti jerukdan lemon, dapat menyebabkan gastrointestinal reflux untuk si bayi serta dianggap bisa menyebabkan diaper rash dari berbagai sumber. Oleh karena itu, ibu menyusui bisa mengganti konsumsi buah segar dengan rasa yang menyerupai jeruk seperti mangga, nanas, dan stroberi.
  4. Makanan dengan kadar pedas tinggiSuka makan samyang? atau justru pelaku samyang challenge?hehe, ada bakny aketika ibu sedang menyusui, hindari makanan dengan kadar pedas sangat tinggi. tidak berarti tidak boleh sama sekali ya. Makanan yang sangat pedas, hampir sama efeknya dengan makanan yang mengandung citrus.
  5. Kacang kacanganPada Keluarga yang memiliki riwayat alergi tinggi pada makanan, minuman maupun obat, makanan seperti kacang kacangan ada baiknya dihindari saat ingin menyusui bayi. Kenapa? Karena dari hasil penelitian,alergi kacang atau dengan bakat alergi pada kacang dapat menyebakan gatal pada bayi, rewel dan beberapa masalah kulit bahkan hingga masalah pernapasan. Konsumsi kacang dapat dilanjutkan ketika umur bayi sudah lebih dari 6 bulan atau ternyata bayi terindikasi tidak punya alergi bahan tersebut.
  6. Makanan Ber-gasMakanan bergas seperti kobis, beberapa macam umbi umbian dapat menyebabkan kembung pada bayi yang sensitif. Bila ibu menyusui telah mengkonsumsinya, amati perubahan apapun pada bayi. Jika ada perubahan seperti bayi rewel, kembung bahkan kolik, hindari makanan tersebut.

Lalu makanan apa saja yang boleh ibu menyusui konsumsi? jawabannya adalah boleh apaa saja, dengan jumlah yang wajar dan memperhatikan kecukupan gizi ibu. Tidak lupa untuk mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari ya Bu. Makanan yang dipercaya baik dan sangat membantu untuk kualitas kuantitas asi antara lain itu pisang,alpokat, bayam, almond, beberapa jenis biji bijian ,dan lain lain. Kapan kapan akan mimom bahas di post berikutnya.

Kalo ibu , mama muda mau tau tips dan informasi seputar asi, menyusui ,atau mau konseling dengan konselor asi, silahkan mampir di laman mimom disini

Happy breastfeeding;)

You need to be a member of Komunitas Melek Internet to add comments!

Join Komunitas Melek Internet

Umroh Promo

Blog

Forum Jual Beli