Kendaraan merupakan kebutuhan bagi sebagian besar orang di jaman sekarang terutama bagi orang yang memiliki mobilitas tinggi. Semakin bertambahnya jumlah penduduk juga akan berimbas ke bertambahnya jumlah kepemilikan kendaraan, baik itu kendaraan pribadi, maupun kendaraan umum. Namun, semakin banyaknya jumlah kendaraan juga akan berimbas ke bertambahnya jumlah polusi bagi lingkungan terutama polusi udara berupa karbondioksida atau CO2. Bisa dibayangkan dalam sehari saja jika ada 1000 kendaraan beroperasi di jalanan selama 12 jam, berapa banyak polusi udara yang dilepaskan ke lingkungan. Ditambah lagi kemacetan dan antrian kendaraan yang semakin memperburuk kualitas udara lingkungan. Lalu apa yang bisa kita lakukan, terutama para pemilik kendaraan untuk mengurangi polusi? Yakni salah satunya dengan membantu mengurangi kemacetan atau antrian kendaraan. Antrian kendaraan biasanya terjadi ketika lampu merah, persimpangan jalan, atau pembayaran tiket tol.

Padahal antrian tersebut dapat dihindari khususnya antrian pembayaran tiket jalan tol. Caranya adalah dengan menggunakan e-ticketing card atau kartu tiket elektronik untuk membayar biaya masuk jalan tol. Pesatnya perkembangan teknologi menjadikan semua pekerjaan manusia semakin dipermudah tidak terkecuali dalam sistem pembayaran jalan tol. Hadirnya teknologi e-ticketing card atau kartu tiket elektronik sebagai bukti layanan perbankan untuk memudahkan nasabah dalam mengakses segala jenis transaksi. E-ticketing card adalah instrument non tunai yang digunakan dalam transaksi secara elektronik menggunakan kartu dibantu perangkat khusus dan jaringan internet.

Dengan e-ticketing card, pembayaran jalan tol akan jauh lebih cepat, karena tinggal menyerahkan kartu tersebut ke petugas tol dan tunggu sekitar 5 detik saja, pembayaran tol telah selesai. Berbeda halnya jika kita menggunakan uang tunai, selain membutuhkan waktu untuk mencari uang pas, juga membutuhkan waktu dalam pengembaliannya jika menggunakan uang berlebih. Tentu jika menggunakan uang tunai, akan mengakibatkan antrian kendaraan di jalan tol dan secara otomatis akan menambah jumlah polusi udara bagi lingkungan. Oleh karena itu, dengan menggunakan e-ticketing card, maka selain tidak perlu lama-lama antri dan macet, Anda sudah turut berkontribusi menjaga kelestarian alam dengan mengurangi polusi kendaraan. Semoga tulisan singkat ini menggugah Anda untuk menggunakan e-ticketing card dalam membayar biaya masuk tol dan semoga menambah wawasan Anda juga mengenai teknologi non tunai masa kini. 

Email me when people comment –

You need to be a member of Komunitas Melek Internet to add comments!

Join Komunitas Melek Internet

Umroh Promo

Blog

Forum Jual Beli