Sepatu adalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah penampilan. Coba bayangkan kalau kita tidak memakai sepatu, kaki kkita akan kotor terkena tanah dan benda-bdenda tajam lainnya. Selain itu sepatu juga menyempurnakan penampilan. Ini dibuktikan dengan berbagai ragam sepatu yang ada didunia.
Walaupun dibuat untuk menginjak tanah, sepatu nggak bisa kamu biarkan setiap saat. Bukan hanya akan menjadi sarang bakteri saja, tetapi juga bisa merusak sepatu itu sendiri. Tapi bagaimana sih membersihkan sepatu yang benar? Berikut tips membersihkan yang benar :

1. Paling mudah kotor, sepatu olahraga perlu kamu sikat dengan air deterjen supaya bersih
Sepatu olahraga adalah jenis sepatu yang mudah kotor, karna memang perannya unuk kegiatan-kegiatan outdoor, tak heran jika banyak kotoran tanah, debu yang menempel di sepatu ini.
Gimana cara ngebersihinnya kalau udah gini, gampang banget :
*Pertama lepaskan tali sepatu, rendam di dalam larutan deterjen selama 10 menit.
*Kemudian siapkan sikat gigi bekas dan deerjen bubuk, larutkan deterjen bubuknya dalam air secukupnya saja (larutan ini berbeda dengan yang digunakan untuk tali sepatu)
*Sikat bagian sepatu yang kotor secara berlahan dengan sikat gigi saja, tanpa deterjen. Setelah noda mulai pudar, celupkan sikat gigi ke dalam larutan deterjen, lalu sikat kembali bagian yang kotor sampai nodanya hilang.
*Angkat rendaman tali sepatu, lalu kucek-kucek perlahan untuk enghilangkan noda.
*Bilas sepatu dan talinya menggunakan air keran sampai busanya hilang
*Keluarkan bagian alas sepatu, masukan segumpal kertas koran bekas, dan jemur deh sepatunya hingga kering
-> Sstt... jangan dijemur langsung kena matahari ya, Sepatumu cukup dijemur di tempat yang sejuk saja


2. Flat Shoes yang cantik harus selalu bersih
Dipakai hampir setiap hari, flat shoes kesayanganmu ini jadi mudah kotor. Nggak mau kan penampilanmu rusak cuma karena sepatu yang penuh noda dan warnannya pudar? Makanya flatshoesmu juga perlu dicuci.
-Bahan kain kanvas : bagian yang kotor disikat menggunakan sikat gigi dan deterjen. Deterjen ini bisa juga kamu ganti dengan baking soda, untuk warna yang nggak mudah pudar. Setelah disikat, bilas dengan sedikit air, beri gumpalan kertas koran, dan jemur ditempat yang sejuk.
-Bahan Kulit : bagian yang kotor bisa kamu bersihkan dengan menggunakan sikat yang berbulu halus. Sikatlah berlawanan dengan arah permukaan kuitnya. setelah noda hilang, lap seluruh permukaan sepatu dengan lap kering,  kali ini, kamu nggak perlu menggunakan deterjen atau baking soda.
-Bahan Suede : sebisa mungkin jangan kena air, bagian yang kotor, disikat dengan suede brush khusus, tanpa deterjen, dan di finishing dengan menggunakan penghapus karet.

3. Sepatu kulit itu harganya mahal. Bersihkan dengan bantuan spons atau sikat halus
Sayang banget kan kalau sepatu mahal nggak kamu rawat dengan baik. Apalagi kalau sampai kotorannya menempel dalam waktu cukup lama, kulit sepatumu bisa rusak karenanya.
Mencuci sepatu kulit itu nggak serumit yang dibayangkan. Bagian yang kotor dari sepatumu, cukup dibersihkan dengan spons atau sikat yang lembut. sikat berlawanan dengan arah permukaan kulit sepatu, lalu kamu lap deh menggunakan kain halus. Setelah itu, simpan sepatu di tempat yang sejuk supaya terkena angin segar dan nggak lembab.
Kalau kotorannya cukup bandel, kamu bisa menggosoknya dengan menggunakan spons atau kain halus yang telah dicelupkan ke air deterjen. Usahakan busanya banyak ya, dan gunakan busa tersebut untuk membersihkan noda.Lalau, bersihkan busa terseebut dengan lap basah secara berlahan, jemur deh ditempat yang sejuk.
4. Sepatu berbahan suede jangan sampai basah kuyup! Bersihkanlah dengan suede brush dan penghapus karet
Sepatu dengan bahan satu ini, sebisa mungkin jangan sampai terkena air. Kalau terlanjur kehujanan, segera keringkan menggunakan tisu kering dengan cara menepuk-nepuk perlahan.. etelah itu, biarkan kering dengan angin di tempat sejuk
Untuk membersihkannya, lebih baik kamu menggunakan sikat khusus bahan suede yang dijual di berbagai toko sepatu, Kalau nggak punya, kamu bisa menggantikanya dengan sikat gigi berbulu lembut. Sikat perlahan dan searah, tambahkan deterjen hanya jika nodanya benar-benar parah saja. Setelah noda memudar,sempurnakan kebersihannya dengan menggunakan penghapus karet.  

5. Sepatu Kanvas, kamu perlu membersihkannya dengan lebih bertenaga

Membersihan sepatu kanvas sebenarnya hampir sama dengan sepatu olahraga. Bagian yang kotor dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi dan air deterjen. Hanya saja, untuk sepatu kanvas, kamu bibsa menyikatnya dengan lebih bertenaga karna bahanya cukup kuat. Setelah bersih, bilas dengan menggunakan air keran, tapi jangan direndam. Kemudian, masukkan gumpalan kertas dan koran dan jemur di tempat yang sejuk. 

Demikian tips dan cara membersihkan sepatu, semoga bermanfaat...
Mencari koleksi sepatu flashoes yang berkualitas dengan harga terjangkau? Silahkan hubungi kami di 081289730393 

Email me when people comment –

You need to be a member of Komunitas Melek Internet to add comments!

Join Komunitas Melek Internet

Umroh Promo


umroh promo november 2016

Blog

Forum Jual Beli